Searching...
Sunday, January 22, 2012

Archimedes (3): Prinsip Achimedes

Mari kita kembali sekali lagi ke Syracuse dua ribu tiga ratus tahun yang lalu untuk melihat lebih dalam apa yang ada dalam pikiran Archimedes. 

Saat itu, Archimedes memasukkan kakinya ke dalam bak mandi. Seketika itu juga, permukaan air naik dari kondisi awalnya karena terdesak oleh kedua kaki Archimedes. Kaki-kakinya sekarang terasa lebih ringan dari biasanya. Peristiwa ini memang setiap hari biasa terjadi, saat Archie masuk ke bak mandi. Tapi anehnya, kenapa baru sekarang ia merasa penasaran akan peristiwa ini.

Archie mulai merebahkan diri pelan-pelan hingga hampir terendam seluruh tubuhnya. Air dalam bak kembali naik, dan meluap tumpah! Tubuh Archie telah mendesak sejumlah air. Akibatnya, sebagian air berpindah dari tempatnya. Anehnya, tubuhnya sekarang terasa lebih ringan dibandingkan sebelumnya. Aneh, kenapa baru sekarang ia memikirkan semua ini?

Hmm, apakah ada kaitan antara tubuhnya yang terasa lebih ringan dengan air yang didesak oleh tubuhnya! Ia tahu, pasti ada kaitannya.

EUREKA!

Akhirnya, dari kejadian di kamar mandi tadi, Archie menemukan sebuah prinsip penting dalam sains: PRINSIP ACHIMEDES. Menurut Achie, apabila sebuah benda dimasukkan dalam sebuah fluida (benda cair atau gas), maka benda tersebut akan mendapatkan gaya ke atas seberat berat fluida yang didesaknya.

Andaikan saja, kamu memiliki sebuah beban seberat 100 newton. Kamu memasukkan beban tersebut ke sebuah wadah yang penuh dengan air.  Pastilah ada sebagian air yang tertumpah, bukan? Timbanglah air yang tumpah tersebut, katakanlah air ternyata bermassa tiga kilogram, atau sekitar 30 newton (ingat satuan berat bukan kilogram tapi newton). Nah, sekarang kamu bisa menyimpulkan bahwa beban pasti akan merasa didorong oleh air ke atas sebesar 30 N. Jika kamu timbang beban yang tercelup di dalam air itu, beratnya pastilah 70 N.

Dorongan air yang dirasakan beban disebut dengan gaya Archimedes.

Prinsip Archimedes itu dapat dirumuskan dengan indah seperti ini.

Gaya Archimedes = Berat air yang didesak beban
F arch = W air
F arch = m . g
F arch = r . V . g


***


Sumber Gambar
http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Fotothek_df_tg_0000209_Messger%C3%A4t_%5E_Ktesibios_%5E_Archimedes.jpg (public domain)

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!