Searching...
Sunday, November 6, 2011

Asteroid Datang !



Beberapa waktu lalu, NASA mengumumkan bahwa sebuah asteroid akan melintas dekat Bumi pada tanggal 8 November 2011. Asteroid tersebut belum memiliki nama, namun diberikan penandaan sementara (provision designation) sebagai asteroid 2005 YU55, karena ditemukan pada tahun 2005 tanggal 28 desember. Kode 2005 menunjukkan tahun penemuan, sedangkan kode Y untuk penemuan antara tanggal 16 - 31 desember. Penemunya adalah Robert McMillan dari Proyek observatorium Gunung Tucson, Arizona As.

Asteroid ini berbentuk bulat mirip bola dengan garis tengah 400 meter. Asumsi kerapatannya adalah 3 hingga 4 gram per sentimeter kubik (jadi, asteroid ini dapat tenggelam jika dicelupkan ke air!). Maka dapatlah kita perkirakan massa asteroid 2005 YU55 adalah antara 100 hingga 130 juta ton.

Pada 8 November 2011 nanti, asteroid tersebut akan melaju di orbitnya pada kecepatan 13.600 meter/detik. Jika dihitung-hitung, asteroid ini memiliki energi kinetik sebesar ledakan 2.201 hingga 2.986 megaton TNT (ingat rumus Ek = 0,5.m.v.v). Sebagai gambaran, energi kinetik letusan bom nuklir Hiroshima adalah setara dengan 20 kiloton TNT. Dengan kata lain, energi kinetik asteroid tersebut kurang lebih 110 hingga 145 ribu bom Hiroshima!!!

Tapi Jangan khawatir! Asteroid ini tidak akan menabrak Bumi, ia hanya melintas saja. Tidak ada kemungkinan asteroid ini menabrak Bumi. Kenapa? Seperti anggota Tata Surya lainnya, asteroid ini hanya berevolusi mengelilingi Matahari. Namun orbitnya yang agak lonjong membuatnya seolah-olah berkelana mendekati anggota Tata Surya lainnya, mulai dari sekitar orbit Venus, melewati Bumi, hingga sedikit lebih jauh dari orbit Mars. Perihelionnya* 0,65 SA sementara aphelionnya** 1,63 SA***.

Bidang orbitnya miring 0,5 derajat terhadap bidang ekliptika****. Asteroid ini membutuhkan waktu 1,22 tahun sekali untuk mengelilingi Matahari satu putaran penuh. Asteroid juga berputar pada sumbunya dengan periode rotasi 20 jam.

Asteroid ini bukan satu-satunya asteroid yang gemar melintas dekat orbit Bumi. Ada banyak asteroid lain yang juga berperilaku sama. Semua satelit yang orbitnya melintas dekat Bumi digolongkan sebagai bagian asteroid kelas Apollo. Daftarnya dapat dilihat di sini:

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Apollo_asteroids

Di Indonesia, Asteroid 2005 YU55 akan berada di langit malam pada Rabu 9 November 2011, setelah Matahari terbenam hingga lewat tengah malam. Posisi asteroid akan tepat terlihat di samping Bulan yang hampir mendekati fase purnamanya, sehingga langit dalam keadaan cerah sekalipun amat menyulitkan asteroid 2005 YU55 untuk terlihat. Apalagi sekarang musim hujan dan langit sering berawan. Jadi sayang sekali, kita tak dapat menyaksikannya dari Indonesia.



Daftar istilah:
* Perihelion = jarak terdekat dengan Matahari
** Aphelion = jarak terjauh dengan Matahari
*** SA = Satuan Astronomi, 1 SA = 149 598 000 kilometer = jarak rata- rata Bumi dan Matahari
**** bidang ekliptika = bidang khayal tempat planet-planet mengitari Matahari

Sumber gambar:
http://en.wikipedia.org/wiki/2005_YU55
http://neo.jpl.nasa.gov/images/2005_YU55_approach_movie.gif

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!