Searching...
Saturday, September 10, 2011

Dark (Side) of The Moon


Bulan Agustus 2011, bioskop-bioskop Indonesia dipenuhi oleh film Impor berjudul Transformer 3. Walaupun jalan cerita film ini dinilai jelek oleh banyak pengamat film, tapi efek visual yang mentereng telah banyak mengundang orang untuk membeli tiket menonton film ini. 

Cuplikan Film Transformer 3: Dark of The Moon


Hal yang paling menarik bagi saya adalah judul film ini, Transformer 3: Dark of The Moon. Mirip sekali dengan The Dark Side of The Moon, sebuah judul film fiksi ilmiah yang diproduksi tahun 1990 dan judul lagu yang dipopulerkan oleh grup band asal Inggris Pink Floyd tahun 1973. Kata-kata ‘dark side of the moon’ ini cukup sering muncul di dalam dialog film-film vampir maupun fiksi ilmiah lainnya. Kemungkinan besar, judul awal film ini adalah Transformer 3: Dark Side of The Moon. Namun setelah mempertimbangkan berbagai hal seperti hak cipta, akhirnya kata ‘side’ dibuang.


Istilah ‘Dark Side of The Moon’ atau ‘sisi gelap dari Bulan’ muncul karena manusia di Bumi hanya mengenal satu wajah Bulan. Wajah yang sama dan selalu terlihat setiap harinya selama ribuan tahun. Sementara wajah di belakangnya adalah misteri. Imajinasi manusiapun berkembang liar, mulai dari kemungkinan ada air, es, monster, bahkan Robot Sentinel Prime.  Ada pula orang yang berpendapat bahwa pada sisi tersebut selalu diliputi kegelapan.

Istilah ‘Dark Side of The Moon’ ini tidak tepat dan salah kaprah. Karena tidak ada sisi Bulan yang selalu dalam keadaan gelap. Mengapa? Bulan selalu bergerak, baik itu gerak berputar pada sumbu rotasinya, gerak revolusi mengelilingi Bumi, dan gerak mengikuti Bumi dalam mengelilingi Matahari. Kondisi ini mengakibatkan tak mungkin ada kegelapan abadi di satu sisi Bulan. 

Sisi Bulan Mendapatkan Sinar Matahari secara bergiliran

Selain itu, sisi Bulan tersebut bukanlah sebuah misteri besar lagi semenjak Luna 3 milik Rusia berhasil memotretnya tahun 1959. Sisi ini bahkan telah dilihat langsung oleh manusia pada tahun 1968 saat misi Apollo 8 mengorbit Bulan. 

Sisi Bulan yang selalu terlihat (kiri) dan tak pernah terlihat dari Bumi (kanan). 

Jelaslah, tak ada sisi Bulan yang selalu gelap. Tak ada pula sisi Bulan yang masih menjadi misteri dan dihuni oleh monster. Jadi, sebenarnya tidak ada yang disebut ‘Dark Side of The Moon’!

*** 

Sumber:



Gambar:

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!